MENYAPA INDONESIA



Kate Douglas Wiggin:There is a kind of magicness about going far away and then coming back all changed."

Yes, 'sebagai pribadi yang berbeda'
Setiap melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain, saya selalu memulai sebuah cerita dari awal persiapan sampai pelaksanaan. Kenapa?
Karena menurut pandangan saya pribadi, ketika hal yang kita lakukan diruntut jadi sebuah cerita, pasti akan menjadi suatu hal yang menarik dan menyenangkan saat diceritakan/menceritakannya.
Well...tulisan ini bercerita tentang summary perjalanan saya wisata bahari,yang pastinya untuk menjelajahi keindahan bahari.

Kalau berbicara tentang Indonesia, mungkin Indonesia satu-satunya negara yang mengidentifikasi dirinya sebagai negara dalam kesatuan tanah dan air, atau tanah air. 
Yaa...cukup mendukung lah ya karena dari wikipedia yang didapat jawabannya yaitu; wilayah lautan Indonesia adalah 4,85% dari total wilayah Indonesia. 
Total wilayah Indonesia adalah 95,15%, luas daratan 1.904.569 km². Dihitung secara matematika, total wilayah Indonesia adalah 2.001.648,97 km2. 
Luas wilayah laut adalah 96.079,15 km². Tapi masa iya sih luas lautan Indonesia 4,85%?
[Kalau saya lihat dipeta, lautan itu lebih dominan ketimbang daratan] :D 
maaf-maaf ya kalau salah-salah #HumanEror LOL
yaa kalau readers penasaran juga, cek lagi deh di website resmi Indonesia  http://www.indonesia.go.id

Semua setuju dong ya kalau lagi melihat laut itu pasti pada bilang[LUAS] dan imajinasi nya langsung menggambarkan bahwa[LUAS]nya dunia ini patut dijelajahi.
[iya gak sih? readers pernah dong kepikiran kaya gitu? Kalo aku sih iyaa :D]

So...Kenapa saya suka menjelajah laut dan suasana pantai?
Itu salah satu cara saya untuk menyapa Indonesia lewat keindahan laut nya. Selain itu,membantu menumbuhkan rasa sadar wisata sehingga saya selalu penasaran dan selalu ingin tahu keadaan laut-laut yang ada di daerah lain.
Kalo di review satu-satu, saya sudah mengunjungi laut mana saja dari sabang sampai merauke? [capek nulisnya, mending chit chat langsung deh sama vinda-Nya :D]

Karena ini summary, jadi saya cuma menyimpulkan aja ya.

Saya cenderung suka menggambarkan yang ada dipikiran saya tentang laut yang[LUAS] dan dihubungkan dari satu laut ke laut lain.
karena setiap lautan itu ada bagian nya, seperti bagian selatan laut perbatasan dengan laut apa...timur dengan apa...dan seterusnya.
Yaa... meskipun kita melihatnya setiap daerah punya nama laut yang berbeda-beda dan asal muasal cerita yang berbeda juga,
kalau digabung seluruh laut di dunia ini, secara subjektif sebenarnya saling terhubung satu sama lain dan gak terputus.



Berikut 5 fakta penting yang harus diketahui tentang laut Indonesia;
  1. Laut Indonesia merupakan jalur raya dan habitat penting bagi mamalia laut dunia.Dari sekitar 87 jenis mamalia laut di dunia, sebanyak 32 jenis mamalia laut dari kelompok paus, lumba-lumba dan dugong dapat dijumpai di Indonesia, termasuk Paus Biru (Balaenoptera musculus) yang saat ini berstatus terancam punah menurut kategori IUCN Redlist.
  2. Laut Indonesia menjadi pusat penting keanekaragaman ikan hiu dan pari dunia. Dari 596 jenis hiu dan pari dunia, 157 jenis diantaranya dapat dijumpai di Indonesia, termasuk jenis hiu yang dikenal sebagai satwa laut terbesar di dunia yaitu Hiu Paus (Rhicodon typus) serta dua jenis pari karismatik,Pari Manta Oseanik (Manta birostris) dan Pari Manta Koral (Manta alfredi).
  3. Laut Indonesia memiliki 6 dari 7 jenis penyu di lautan dunia,termasuk diantaranya Penyu Belimbing (Dermochelys coriacea) yang dikenal sebagai jenis reptilia laut penjelajah samudera.
  4. Laut Indonesia memiliki habitat terumbu karang dengan tingkat keanekaragaman hayati tertinggi di dunia. Luas terumbu karang Indonesia mencapai 70 ribu km persegi (P2O LIPI, 2009) atau sekitar 14% dari luas karang dunia.
  5. Laut Indonesia terdiri dari bentang perairan kepulauan, teritorial dan zona ekonomi eksklusif yang luas mencapai 5,8 juta km persegi serta didukung dengan kekayaan hayati terumbu karang dan mangrove merupakan lumbung pangan ikan nasional yang menyumbang sekitar 57-60% sumber asupan protein hewani bagi rakyat Indonesia.


WOW...Luar biasa[Thumb Up]

Memang sih ya, keindahan dari pesisir, bibir pantai, sampai ke hulu lautan dan kedalaman laut itu selalu menawarkan keunikan masing-masing yang takjub saat dilihat mata.
Bahkan ketika menyelam kedalam laut, visual nya membuat mata serasa susah berkedip apalagi saat berpapasan dengan ikan-ikan unik,cantik, dunia terumbu karang  dan semua biota laut.
[karena saking awesome nya :D]

Visual setiap lautan memang beda dan kedalaman nya juga beda, ada yang terlihat biru dengan variasi pasir putih, atau gradasi antara biru,pink,hijau, bahkan ada juga visualnya orange sedikit hijau dan biru.
Beragam pokoknya, sehingga siapapun yang melihatnya tidak pernah merasa bosan [Yay or Nay? Vinda Yay :D] 
Famouse caption sebagian orang kalau post visual laut atau pantai di social media 'Vitamin Sea'[beberapa dari readers pasti pernah ada lah ya yang nulis caption tersebut]
Sebenernya kalau saya pribadi setuju aja, karena yang dirasakan ketika refreshing ke laut itu kaya mata di tetesin vitamin :D [lebay!!! ya itu tetesan vitamin keindahan laut :D] jadi cuci mata.
Okelah siapapun bebas menilai nya  dan bagaimana berimajinasinya.  
Jadi siapapun yang tertarik mengunjungi laut seperti saya, berarti readers sudah menyapa Indonesia melalui salah satu keindahannya yaitu laut :)
as finalis tourism ambassador kab.sukabumi 2015







Note :Indonesia dianugrahi keindahan laut yang luar biasa dan punya manfaat untuk dunia. Kita sebagai warga Indonesia tentunya punya kewajiban untuk melestarikan,menjaga keindahan nya dan melindungi biota laut dari predator .
Karena sesungguhnya antara laut, biota laut dan manusia itu satu sama lain saling membutuhkan loh readers :)
dan kalau readers punya pengalaman atau cerita mengesankan ketika mengunjungi laut atau pantai, jangan lupa di sharing cerita nya. Dengan begitu, readers juga sudah sadar wisata dan turut serta memperkenalkan keindahan alam Indonesia Yeayyy. ^,^


#SelaluJelajahIndonesia #MenyapaIndonesia

Done, hope you can like it and enjoyed.








4 comments:

  1. Neng mojang :)
    geulis pisan atuh hehe

    ReplyDelete
  2. hai mba salam kenal, postingannya kece banget, monggo mampir ke blog aq ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba hikari,salam kenal juga ya...
      Terima kasih enjoy in my blog :)
      Blog mba hikari juga keren, aku banyak nemu referensi sama info baru :)

      Delete

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com