PASSIONATELY ON RADIO


If you're a creative, enthusiastic, also smart and full on 

passionately, driven individual who

 wants to go far, you're in the right place RADIO.




Kali ini vindanee akan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari orang-orang disekitar aku yang selalu bertanya dikala waktu luang atau sekedar sharing.
Tentunya pertanyaan yang ditanyakan mengerucut pada satu maksud. Dan dibawah ini hanya segelintir dari banyaknya pertanyaan tersebut, yaitu;

“Hai vin, pengen tanya deh. Katanya ikut radio komunitas ya?”
“Vin, ceritain dong pengalaman lo kerja di dunia radio?”
“Lah kenapa sih lo demen amat ngubek-ngubek radio?”
“Kasih tau dong cara biar bisa magang di radio?”
“Kenapa sih vin, apa-apa nya pasti radio?”
“Padahal kan enak tv, bias on cam! Radio kan cuma suara aja?”
“Emang pengen banget ya lo berkarir di radio?”
And bla bla bla…

Well, Vindanee akan menceritakan detail nya dari sekarang.

Firstly, aku buta akan radio, gak pernah mau tau program yang ada diradio itu apa dan cara kerja nya bagaimana, juga personal yang terlibat pada produksi siaran radio itu siapa saja???...aku gak pernah tau. Yang aku tau radio itu cuma bisa dengerin lagu dan ngasih informasi meskipun gak indeep juga sekilas iklan.

I just know it readers!

Bermula dari buku pedoman mata kuliah jurusan dari tempat aku berkuliah, aku melihat satu tulisan yaitu PRODUKSI SIARAN RADIO, ketika itu aku masih semester 2 yang mata kuliah nya masih umum dan belum penjurusan. Berbekal rasa ingin tahu yang super pengen tahu, akhirnya aku memutuskan untuk mencari tahu apa itu RADIO.

Kerjaan aku saat itu hobi banget browsing all about radio sampe ke detail nya deh. Satu waktu aku on twitter dan di kolom hastag/tagar [#] saat itu lagi IN banget tagar #Radioday and yaaaaa semacam dapat win-win solution gitu, karena emang lagi panas-panasnya pengen tahu banget tentang radio dan kalau ada komunitas radio pengen gabung [ niat dalam hati ]
And surprise….


BIG THANKS FOR KELAS PENYIAR INDONESIA

 [@kelaspenyiar_id]


Kelas Penyiar Indonesia
Saat itu kelas penyiar  lagi buka kelas #FreeBroadcastingClass, dan dengan niat ingin mendapat ilmu yang bermanfaat,  bersyukurlah aku lolos seleksi dan bisa join at #FreeBroadcastingClass  present by Kelas Penyiar Indonesia. And the second…



BIG THANKS FOR BELAJAR RADIO [@Belajarradio_]

Belajar Radio
Karena Vindanee ini gak mau rugi kalau urusan dapetin ilmu, aku pun join di belajar radio present by Prambors Radio and how lucky I’am bisa belajar dari orang-orang yang punya passion sama dan pengalaman mereka juga banyak, jadi kalau mau sharing bener-bener WORTH IT deh karena langsung sama lakonnya.
Jadi berawal dari kedua tempat ini lah aku semakin tahu banyak tentang RADIO jadi jatuh cinta karena menemukan passion aku di dunia RADIO.

VACANCY ON RADIO

Setelah menjadi bagian dari kelas penyiar dan belajar radio, aku mendapat circle baru dan penting hukumnya untuk menjaga relasi yang aku bangun agar tetap terhubung dengan orang-orang yang bisa mendatangkan peluang baik untuk karir aku kedepannya. Pengalaman pertama yang aku rasakan yaitu menjadi bagian dari crew RADIO sebagai reporter lapangan di salah satu radio lokal dengan masa training 3 bulan dilapangan dan di lanjut menjadi bagian tim produksi. Meskipun di kontrak part time, tapi ilmu dan pengalaman yang aku dapat bener-bener berharga dan memacu untuk terus  eksplore lagi.

Kedua, aku memulai nya di radio streaming dan memang tidak banyak program nya, tapi kesempatan untuk naik suara/ON AIR akhirnya tersampaikan. Jadi nambah lagi dong pengalamannya dan ilmu praktik dari kedua kelas diatas terwujud.

Ketiga, ON AIR di radio kampus dan merangkap jadi tim produksi dan programer juga. Bisa dibilang kerja aku disini menuntut keahlian multi tasking, karena secara bersamaan aku pun harus cover beberapa job dan sangat busy,hectic, tapi asyik karena jadi tahu rasanya di sibuk kan dengan kerjaan yang memang passion nya disitu.

Selanjutnya aku mulai spesifik dan mencoba untuk focus di satu jenis RADIO. Karena ingin eksplore dari latarbelakang program studi yang aku ambil yaitu konsentrasi jurnalistik. Akhirnya aku memilih RADIO BERITA sebagai challenge aku berikutnya untuk memperkaya pengalaman. Disini lah aku pun mendapat banyak kesempatan karena tergabung di sebuah media company yang ternama dan beruntunglah aku sehingga circle pun semakin luas dan lebih terarah untuk lanjut ke tujuan selanjutnya.

Manis,asem,pahit dan hambar selama menjalani pekerjaan ini gak bisa dituliskan dan sulit digambarkan. Karena semuanya beragam rasa, tapi memudar dengan sendiri nya karena dari pengalaman tersebut banyak sekali pembelajaran yang didapat dan  mempengaruhi cara aku bersikap. Intinya aku gak akan berhenti sampe disini, dan akan terus menyusun piramida passion aku sampai berhenti di puncaknya.


AROUND ON RADIO

Privilage yang diapat dari kelas penyiar dan belajar radio yaitu; bisa tour radio dari satu radio group ke radio group lainnya dan semuanya punya keistimewaan tersendiri dan semakin kenal secara personal setiap radio, aku pun semakin terarah untuk investasi karir di radio yang mana kelak. 
Kalau readers ingin bisa merasakan pengalama yang aku rasakan juga sebagai lakon dari radio, ya silahkan giat mencari tahu informasi seputar internship radio atau memberanikan diri visit radio, dijamin kalau ada niat pasti ada peluang.


RADIO IN LOVE

Sejujurnya aku sangat sedih kalau ada orang yang bilang;

“Radio tuh bentar lagi tenggelam”
“Radio mah isi nya lagu doang”
“Ngapain coba cuap-cuap yang belum tentu didenger orang”
“Jadul banget sih masih suka radio”

Well masih bayak deh perspektif miring tentang radio yang dianggap sudah jadul alias jaman dulu banget  yang sebenarnya secara tidak sadar zaman dahulu untuk bisa mendapat informasi ya aksesnya radio, lalu cara untuk menyampaikan pesan/salam yang memfasilitasi ya radio.

Padahal kerja keras radio hingga bisa bertahan sampai masa kini luar biasa loh readers, meskipun pesaing nya lebih utama dilirik, tapi semangat dari radio ini terus berapi-api. Berbagai sajian program menarik dan inovasi kreatif yang dikembangkan oleh para passionate radio ini, mengantarkan level radio memang sejajar dengan media informasi lain. Dan radio yang mengudara saat ini beragam jenisnya dan saling bersaing satu sama lain, dengan caranya masing-masing agar selalu dekat dengan pendengar nya.

Sehingga kemudahan untuk mendengar radio semakin memadai, dengan adanya radio streaming atau aplikasi yang tersedia di smartphone yang memudahkan setiap pendengar nya untuk memilih radio mana yang mereka suka. Jadi gak usah diragukan lagi ya, bahwa radio pun bisa menyeimbangkan dengan kehidupan orang-orang masa kini kok yang cenderung instan.

Keunikan radio yang aku rasakan adalah; sewaktu jadi announcer/penyiar, pendengar gak akan tahu wujud kita yang sebenarnya kalo siaran. Apakah lagi lusuh atau off make up, pake baju casual pun pendengar gak akan tahu, beda kalau di tv ketika on cam. Maka visual nya harus ON juga, tapi meskipun radio gak kelihatan yaaa tetep jaga penampilan juga kok hehe.

Dari segi menyampaikan berita, ketika televisi dan majalah cetak membutuhkan paket komplit. Radio hanya membutuhkan audio yang memadai dan cara penyampaian yang singkat,padat,jelas.

Karena kekuatan utama radio ialah audio yang ditangkap oleh pendengar, kenapa harus singkat,padat dan jelas, karena kemampuan mendengar setiap orang yang berbeda-beda mengharuskan radio bersikap praktis. Dan masih banyak deh ke unikan dan keistimewaan dari radio dan ini lah yang membuat aku ingin berkarir di radio.

Sampai saat ini aku masih gencar untuk memposisikan my dream job on radio supaya bisa terus lanjut. Tapi bukan berarti aku gak mau mencoba bidang lain ya…

Meskipun aku sudah menemukan passion aku dalam bekerja, ketika aku mendapat kesempatan lain yang mungkin bertolak belakang dengan latarbelakang pendidikan atau passion aku, pasti akan aku coba. Sehingga aku bisa punya banyak pengalaman untuk diberbagi dengan orang-orang disekelilingku tanpa menghilangkan passionately on radio.



3 comments:

  1. Hai vindanee, ceritanya mengispirasi sekali. benar ya harus sesuai passion jadi lebih menikmati :)

    ReplyDelete

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com